Visual Typing

Bagi penggemar MBTI maupun socionics, visual typing mungkin merupakan salah cara yang menyenangkan sekaligus "tricky" untuk menentukan tipe kepribadian seseorang melalui ekspresi wajah atau gerak-geriknya. Visual typing seringkali diragukan oleh penggemar MBTI maupun socionics karena metode yang masih belum konsisten, dan mungkin ada beberapa sumber yang menyebut cara berbeda untuk melakukan visual typing. Kali ini, yang akan saya bahas adalah tentang salah satu cara visual typing berdasarkan ekspresi dan pandangan mata.

Oke, ayo mulai!
Kalian mungkin bisa mencoba mencari tahu tipe kepribadian seseorang yang kalian kenal berdasarkan kesamaan gesture, ekspresi dan pandangan matanya dengan membaca ciri-ciri visual masing-masing fungsi kognitif. Walaupun saya tidak menjamin akurasinya. :p
  1. Ti : Dingin dan penuh perhitungan. Ekspresi wajahnya terkesan tidak memperlihatkan perubahan perasaan atau keluhan kecuali saat tertawa. Otot wajah terlihat lebih tegang di bagian sekitar mata dengan bahasa tubuh yang cenderung kaku.
  2. Te : Ekspresi yang tegas dan keras. Terlihat ambisius dan tatapannya tegas. Otot wajahnya terkesan seperti tegang dengan bahasa tubuh yang terlihat tegas.
  3. Fe : Ekspesi wajah yang hangat dan cerah. Sering terlihat menggunakan otot wajahnya. Senyumnya lebar dan otot wajahnya seperti elastis.
  4. Fi : Ekspresi yang terlihat lembut dan penuh perhatian. Tatapan yang lembut dengan otot wajah yang terlihat rileks.  Bahasa tubuhnya lembut dan mengalir tanpa terlalu banyak perubahan drastis pada otot wajah. Bahasa tubuh dan gesturnya terlihat lebih beragam.
  5. Ni : Seperti terperangkap dalam renungan atau lamunannya. Pupil mereka seperti melihat lurus dan jauh seakan-akan mereka menembus objek yang berada di depannya. Mereka seperti melihat objek yang jauh tapi terlihat dekat dengan pandangannya yang intens.
  6. Ne : Pupilnya terlihat tidak fokus pada satu benda di sekelilingnya sehingga mereka seperti melihat beberapa objek sekaligus. Mereka seperti melihat sekelilingnya dengan pandangan yang lembut tapi melebar. Getaran matanya terlihat lembut.
  7. Si : Mata yang seperti terus mengamati detail dan bergerak perlahan. Mata mereka seperti menghitung batu yang saling berdekatan. Pandangannya lembut dan bahasa tubuhnya grounded.
  8. Se : Mata mereka terlihat seperti menatap fokus, lurus dan langsung pada orang yang dilihatnya. Pupil mereka terlihat fokus ketika terjadi kontak mata dengan tatapan yang intens sebelum pandangannya berpindah ke objek lain.
Itu cuma salah satu versi. Masih ada versi visual typing dari beberapa sumber lain. Misalnya yang menyebut tipe INT* punya "death stare". Mana yang paling akurat? Entahlah.
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »