INTP vs INTJ

Mungkin ada di sini yang pernah tes MBTI tapi belum yakin dengan hasil tesnya karena selalu berubah-ubah.

Kali ini, saya akan coba merangkum persamaan dan perbedaan tipe INTJ dan 
INTP.

Persamaan yang pertama, sama-sama introvert.
Persamaan kedua, sama-sama tipe NT yang dalam pembagian tipe temperamen dari David keirsey termasuk temperamen rationals atau the theorist menurut Linda Beren. Orang dengan tipe NT cenderung lebih tertarik pada pola, urutan, masa depan dan hubungan antara objek. Seorang theorist belajar secara konseptual dengan mengembangkan teori dari semua kemungkinan dan hubungan setiap objek yang ada. Mereka open-minded pada semua teori dan kemungkinan dari teori dan ide-ide abstrak.

Sebagai tipe INT*, INTJ dan INTP umumnya independen dan skeptis dalam banyak hal. Menurut beberapa pendapat, INTJ dan INTP memiliki tatapan yang khas di saat-saat tertentu. Walaupun begitu, sisi skeptis INTP dan INTJ sangat berbeda karena perbedaan fungsi kognitifnya.

Perbedaan
Temperamen rationals terbagi 2 yaitu enginers (*NTP ) dan coordinator (*NTJ). Tipe enginer disebut juga dengan informative(reactive) rationals, dan sebaliknya tipe *NTJ disebut directive (proactive) rationals.

Tipe INTP suka belajar hal baru dan mengembangkan ide baru tapi cenderung tidak mau repot-repot mencaritahu implementasinya walaupun mereka bisa melakukannya. INTP tidak akan memberikan nilai akhir pada suatu kemungkinan yang masih terbuka. Tidak ada benar atau salah sebelum ada kontradiksi yang bisa dibuktikan. Semua kemungkinan adalah harapan dan peluang. Itu berbeda dengan tipe INTJ yang akan lebih fokus untuk "segera" mengimplementasikan semua ide dan kesimpulan yang sudah dikembangkan lewat pemikirannya.

INTP cenderung jujur soal selera, minat dan hasil pemikirannya. Bahkan mereka sering menyampaikan hasil pemikirannya sekalipun itu masih belum berupa kesimpulan. Sekalipun INTP sangat jujur soal perasaan, pendapat, selera dan minat yang kadang membuatnya tampak aneh, nyeleneh dan kekanak-kanakan saat sudah membicarakan apa yang disukainya tapi bukan berarti mereka tidak bisa bohong dalam hal lain. Berbeda dengan INTJ yang lebih suka membuat kesimpulan dengan cepat dan mereka cenderung lebih terkontrol dalam memilih pendapat yang harus disampaikan. Umumnya INTJ lebih juga suka berbicara dengan tegas, logis, realistis, sarkas, dan to the point dibandingkan dengan "menahan pendapatnya hanya demi perasaan orang lain".

INTJ cenderung sering terlihat datar ekspresinya walaupun mereka sebenarnya merasakan perubahan emosi dalam dirinya. Mereka lebih memilih untuk tidak menampakkan emosinya dan tetap berpikir logis walaupun sebenarnya mereka sedang tersinggung. Hal ini berbeda dengan INTP yang memiliki lebih banyak keadaan dan emosi yang bisa mereka abaikan selama yang disinggung bukanlah sesuatu yang benar-benar prinsip menurut mereka, tapi mereka akan mudah terpicu untuk tidak mudah berhenti berdebat saat merasa bahwa mereka harus mempertahankan sesuatu yang penting atau prinsipnya.

Walaupun INTP bisa menyukai debat atau diskusi untuk menggali ide, tapi mereka umumnya tidak tertarik untuk berdebat jika tujuannya hanya agar bisa menang. INTP akan memilih mundur dari perdebatan yang cuma membuang waktu, apalagi kalau lawan bicaranya mereka nilai tidak paham apa yang mereka ucapkan. INTP yang sangat menyukai independensi jarang sekali memaksakan idenya pada orang lain. Mereka akan memilih untuk cuek saat mereka sudah malas memperdebatkan sesuatu.

INTP umumnya tidak suka bermain dengan status sosial dalam organisasi yang mengikat walaupun mereka bisa saja bekerja sama dengan orang lain secara temporer dan situasional. Sebaliknya, INTJ (yang healthy) masih mau terlibat dalam organisasi dan memiliki status sosial, walaupun mereka lebih suka bekerja sendiri dengan cara mereka sendiri.

Fungsi kognitif
Selanjutnya, mari lihat perbedaan dari fungsi kognitifnya.
INTP => ti ne si fe
INTJ => ni te fi se

Fungsi kognitif tipe P(perceiving) berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan tipe J(judging). Tipe J juga umumnya lebih taat pada aturan dan jadwal dibandingkan dengan tipe P. Berdasarkan suatu penelitian, INTJ lebih taat aturan dibandingkan dengan INTP. Tipe INTP juga lebih mudah terdistraksi dibandingkan dengan INTJ.

Fungsi Ti INTP yang kadang "overload" sering butuh fokus untuk memikirkan dan menganalisa apa yang sudah mereka terima. Ti bisa membuat mereka cenderung terlihat lebih pasif saat berkomunikasi dengan terlalu banyak orang. Ti juga membuat INTP lebih sulit yakin, terlebih lagi dengan adanya fungsi Ne yang membuat INTP mudah terdistraksi. INTP biasanya akan butuh waktu untuk memulai tindakan maupun interaksi sosial di luar minat mereka.

Fungsi Ne INTP membuat mereka lebih mudah terdistraksi, apalagi kalau ada pola yang tidak mereka sukai. Ne juga kadang membuat INTP mengakomodasi terlalu banyak kemungkinan sehingga mereka sering sulit memutuskan. Walaupun begitu, INTP akan berbicara dengan cukup lancar saat mengobrol berdua tentang idenya. Bahkan mereka mungkin akan terlihat cukup bersemangat saat sudah menguasai tema diskusi atau debat.

Fungsi Fe di posisi Inferior membuat INTP cenderung kurang tertarik untuk terlalu sering melibatkan diri dalam interaksi yang tidak penting. Mereka juga hampir tidak pernah terlibat urusan orang lain tanpa alasan yang kuat. Mereka terbuka pada hubungan, tapi mereka jarang tertarik untuk berinteraksi hanya demi pengakuan atau perhatian dari orang yang tidak dekat dengan mereka. Fungsi Fe mereka yang cenderung menginginkan perhatian dan interaksi dengan orang lain mungkin saja baru akan terlihat saat mereka sangat tertekan.

INTJ yang sebenarnya bisa saja bersosialisasi. Tapi, mereka cenderung selektif, independen dan lebih suka melakukan banyak hal dengan cara mereka sendiri. INTJ menyendiri saat mereka menggunakan fungsi Ni-nya untuk mempelajari hal baru.

Ni INTJ membuat mereka sering inert, berimajinasi (secara internal), atau mengalami daydreaming. Mereka cenderung menikmati apa yang mereka hadapi "saat ini" tanpa terlalu banyak bergerak secara spontan karena fungsi Se-nya berada di posisi inferior. Se mereka yang terkait dengan pencarian kesenangan secara spontan kadang mulai terlihat penggunaannya saat mereka benar-benar tertekan.

Te INTJ membuat mereka lebih frontal dalam menyampaikan pendapat. Te juga membuat mereka bisa bertindak lebih efektif dan efisien saat diperlukan walaupun mereka umumnya tidak seaktif ENTJ dalam mengatur orang lain.

Masa kecil
Masa kecil seorang INTP membentuk mereka untuk jadi pribadi yang lebih jauh dari kecerobohan dan kesalahan dalam berpikir dan berargumen. Sedangkan INTJ cenderung belajar supaya tidak rentan, lebih tegas dan bisa menyelesaikan masalah.

Prinsip yang mungkin terdengar dari seorang INTP :
  • "Belajar dari hari kemarin, hidup untuk hari ini, berharap untuk hari esok. Hal penting adalah tidak berhenti bertanya." - Albert Einstein.
  • A Good Wife Makes Happiness, A Bad One, Philosophy.
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »