ISTJ vs ISFJ

SJ => The stabilizer / Guardians
ISTJ => si te fi ne
ISFJ => si fe ti ne
**TJ => tegas, to the point, logis, rasional, task oriented.
**FJ => perasaan orang lain, hubungan emosional, empati, people oriented.
si (introverted sensing) => menggunakan masa lalu sebagai perbandingan, acuan dan penilaian; entah terkait dg logika maupun perasaan.

Kesamaan
Persamaan yang pertama adalah mereka sama-sama introvert, sehingga mereka lebih sering terlibat dengan dunia internal dan sudut pandang subjektifnya, dibandingkan terlalu sering berinteraksi dengan dunia luar.
 
Sebagai tipe SJ, mereka menghargai rangkaian urutan, struktur, hirarki, stabilitas dan rasa aman. Mereka cenderung menggunakan rencana, jadwal, fakta, masa lalu, dan norma yg ada sebagai standar dalam menilai dan melakukan sesuatu. Si membuat mereka berpedoman pada masa lalu demi rasa aman dan nyaman.

Perbedaan
ISTJ cenderung teratur, rasional, logis, perencana dan tegas dalam pekerjaan maupun hubungan dg orang lain. Mereka cenderung mengedepankan logika general dan rasionalitas dibandingkan dengan empati dan rasa kasihan walaupun bukan berarti mereka tidak memilikinya. Mereka akan menyingkirkan perasaan dan emosi yang mereka anggap tidak perlu saat mengerjakan sesuatu. Mereka lebih fokus pada pekerjaan dan tugas dibandingkan dengan hubungan emosional dengan sesama anggota kelompok.
ISTJ berorientasi pada penyelesaian tugasnya berdasarkan kewajiban dan posisinya dalam kelompok.  Mereka akan bekerja semaksimal mungkin dg metode dan rencananya supaya semuanya berhasil secara sempurna. Mereka akan selalu mencari cara agar orang yang bekerja dengannya bisa bekerja dengan benar sesuai dengan metode, prosedur dan rencana yang mereka pilih supaya tidak ada yg melakukan kesalahan.

ISFJ berorientasi pada loyalitas, kepedulian dan hubungannya dengan kelompoknya. Mereka cenderung sensitif, baik hati, simpatik, loyal, pendengar yang baik, sabar dan punya kepedulian tinggi pada rekan atau sahabatnya. ISFJ umumnya lebih suka bekerja di belakang layar sebagai orang yang peduli pada rekannya, jika dibandingkan dengan terlalu banyak mengatur kelompoknya. 

ISFJ dengan tanggung jawab dan rasa pedulinya akan berusaha membuat orang yang bekerja dengannya merasa nyaman untuk melakukan tugas berdasarkan metode dan rencana yang sudah mereka ketahui. Mereka akan menyelesaikan tugasnya tanpa meninggalkan detail yang membuat mereka merasa tidak nyaman.
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »