INFJ

Temperament : NF / The idealist / Catalyst / Diplomat
Fungsi kognitif utama : Ni Fe Ti Se
Shadow Functions : Ne Fi Te Si

Ni-Fe
INFJ cenderung menjadi “old souls”, sekaligus menjadi kepribadian yang cukup rumit. Banyak yang tumbuh dengan perasaan yang lebih bijak jika dibandingkan dengan usia mereka yang sebenarnya. Sebagai tipe NF, mereka cenderung tertarik dengan keaslian, idealisme, dan aktualisasi diri. Mereka mempercayai penilaian berdasarkan intuisi dan impresi sebelum kemudian menggunakan logika dan data sebagai pendukung penilaiannya. Selain itu, mereka juga cenderung kreatif dan imajinatif. Sekalipun mereka punya prinsip dan idealisme, tapi mereka cenderung lebih mengutamakan hubungan dan kepedulian mereka terhadap orang lain karena fungsi auxiliary mereka adalah Fe. Mereka cenderung tidak akan menyampaikan prinsip dan idealisme mereka kepada orang terdekat mereka jika mereka khawatir bahwa itu akan membebani orang yang mereka beritahu. Walaupun cenderung selektif saat menyampaikan pandangan mereka, mereka juga bisa cukup agresif jika idealisme atau prinsip mereka diserang. Sekalipun INFJ adalah tipe J (judging), mereka cenderung lebih spontan dan fleksibel daripada tipe judging lain.

Seperti tipe lain, Fungsi kognitif yang pertama kali berkembang dari INFJ adalah fungsi dominan mereka, yaitu Ni, yang kemudian disusul oleh fungsi auxiliary mereka yaitu Fe dan juga fungsi inferior mereka yaitu Se. Dengan memahami tentang nilai dari Introverted Intuition (Ni) mereka dengan cukup cepat dalam kehidupan mereka, INFJ tumbuh dengan kepercayaan terhadap perkiraan, prediksi, keputusan dan wawasan mereka. Bahkan sebagai anak-anak atau remaja, INFJ bisa terlihat memberi saran dan konseling pada teman atau kerabat mereka, dan mungkin bahkan kepada anggota keluarga yang lebih dewasa. Mereka cenderung merasa gembira dan paling merasa puas ketika membantu dan memberi pencerahan pada orang lain melalui wawasan mereka.

Ni adalah cara INFJ memahami dunia internal mereka, itu mengarahkan  cara mereka menyimpan informasi dan bagaimana cara memahami informasi. Ni juga mengarahkan arah dan tujuan dari pemikiran mereka. Ni cenderung menyimpan informasi dengan pola yang menyebar dengan semua kepingan data yang mempunyai hubungan dengan kekuatan beragam dan terhubung kepada kepingan data tambahan. Ini membuat sekumpulan informasi yang berbentuk seperti jaring yang tiap bagiannya saling terhubung sehingga itu terlalu besar untuk dilihat sebagai sebuah detail secara keseluruhan, tapi bisa diperbesar untuk diperlihatkan sebagai gugusan yang rumit dan seperti garis yang saling terhubung. Jaringan data tersebut hanya tersisa sedikit dari apa yang terlihat di luar sebagai pemikiran secara sadar, memberikan Ni sesuatu yang terasa seperti bagian dari mimpi dengan hasil yang konkrit. Karena fokus dari persepsi Ni yang secara konstan melakukan pengamatan terhadap semua hal tapi dalam lingkup dan rentang waktu yang lebih fokus daripada Ne, Ni juga secara terus menerus memperlihatkan hasilnya dari beragam sudut pemikiran dan perasaan yang berganti. Orang dengan Ni dominan cenderung merasakan pengalaman dari dunia internal mereka yang secara konstan mengalami fluktuasi. Orang dengan Ni dominan yang cukup ekstrim mungkin juga akan cukup sering mengalami daydreaming.

INFJ yang memiliki Ni yang cukup terasah bisa melihat dua sisi dalam diri setiap orang. Mereka melihat persona yang ditampilkan seseorang di depan umum, yang juga dilihat oleh orang lain. Tapi lebih penting lagi, Ni mereka memberikan kemampuan menilai dan impresi yang dalam terhadap seseorang, sehingga mereka bisa menembus dan melihat lebih dalam dibandingkan sesuatu yang hanya terlihat dari penampilan. Itu juga bisa membantu mereka melihat atau mengungkapkan motif dan niat tersembunyi dari orang yang mereka amati. Walhasil, beberapa INFJ sering merasa bahwa mereka bisa melihat orang lain lebih jelas dan lebih baik daripada orang tersebut melihat dirinya sendiri.

Untuk memahami INFJ sepenuhnya, perlu untuk mengetahui sepenuhnya implikasi dari fungsi dominan mereka, yaitu Ni, sebagai fungsi Perceiving. Berbeda dengan Se yang menyalin setiap objek yang diterima oleh indera manusia secara utuh, Ni cenderung menilai semua yang ditangkap oleh indera mereka secara abstrak dan simbolis. Berbeda dengan Ne yang dalam prosesnya masih terlibat dengan data eksternal, Ni mengolah data internal tanpa menggunakan data eksternal berdasarkan hubungan dan pola dengan menggunakan intuisi yang dipadukan dan disimpulkan dengan lebih dalam di dunia internal mereka. Walhasil, itu bisa berperan untuk membangun suatu impresi atau "pandangan ke depan" dari apa yang terjadi.

Sekalipun Ni cenderung membuat seseorang tampak serius dari luar, INFJ sebenarnya tidak seserius yang terlihat dari luar jika dilihat secara lebih dalam. Dunia internal INFJ cenderung bisa digambarkan sebagai sisi yang ceria, penuh permainan, imaginatif, penuh warna, "nakal", dan pemberani. Mereka senang bermain dengan ide, perspektif, teori, gambaran, imajinasi, simbol, dan metafora. Walaupun mereka cukup imajinatif, mereka seringkali sulit memberikan gambaran tentang dunia internalnya yang abstrak dan simbolis pada orang lain.

Mungkin lebih dari hal lain, INFJ suka menghabiskan waktu yang menurut mereka mengasyikan dalam percakapan yang penuh makna. Mereka ingin diberi kesempatan untuk menyertakan Ni dan Fe secara bersamaan. Percakapan memberikan INFJ peluang untuk membantu dan memberikan "pencerahan" pada orang lain melalui wawasan mereka.

INFJ bisa disalahpahami sebagai Extrovert karena kesukaan mereka berceloteh. Walaupun begitu, INFJ sebenarnya adalah introvert yang hanya bisa akrab dan terpuaskan secara emosional dengan sedikit orang di antara teman-teman mereka, keluarga, atau "soul mates" mereka. Di saat mereka secara naluriah bersikap ramah secara personal maupun secara organisasi terhadap tuntutan yang secara terus menerus disampaikan pada mereka oleh orang lain, INFJ sesekali akan menarik diri sejenak, bahkan kadang-kadang menutup diri dari keakraban mereka. Paradoks yang jelas terlihat ini adalah jalan keluar yang mereka perlukan untuk mengisi ulang energi sosial mereka dan sebuah filter untuk mencegah beban emosional yang menumpuk karena sifat mereka yang rentan sebagai "pemberi". Sebagai suatu kebiasaan, mungkin itu adalah aspek yang membingungkan dan penuh teka-teki dari kepribadian INFJ bagi orang luar, dan itu bisa menjadi penyebab kenapa banyak yang salah paham terhadap mereka.

Karena kepribadiannya, INFJ sering diharuskan untuk berjuang melawan depresi saat ada keadaan yang dilematis terkait hubungan atau pekerjaan mereka. Ni yang mengamati dunia dengan cara yang berbeda dan sangat mendalam juga menjadikan INFJ sering merasakan kesepian dan keterasingan, bahkan ketika mereka bersama orang lain. Depresi bisa juga ditimbulkan saat mereka merasa idealisme dan wawasan mereka tidak dipahami atau tidak bisa diaktualisasikan di dunia nyata. Mereka mungkin saja kadang atau bahkan sering melihat dunia seperti tuli dan tidak peduli terhadap idealisme mereka dan juga pandangan mereka tentang kebenaran. Kadang, INFJ mungkin saja akan mempertanyakan nilai keberadaan mereka di sebuah dunia yang tampak seperti mengabaikan wawasan, sudut pandang dan pemahaman mereka.

Ni-Ti (Loop)
Bicara tentang Ti, Ti pada INFJ tidak terlalu berperan secara aktif selain sesekali memeriksa dan memperbaiki apa yang diterima Ni-Fe mereka berdasarkan logika dari Ti. Ti bisa membantu INFJ berpikir lebih kritis dan berdasarkan analisa. Ti bisa menyediakan bantuan dan mengecek Ni-Fe mereka, membantu mereka melihat di manakah ide mereka mungkin bisa cocok untuk berada dalam kategori dan kerangka pengetahuan yang ada. Bagaimanapun juga, Ti kadang kurang efisien jika dipadukan dengan Ni karena Ti butuh fokus dan waktu tenang untuk berperan secara maksimal. Selain itu, kadang Ti bisa bertentangan dengan Ni-Fe sehingga Ti mungkin tidak akan terlalu berperan secara dominan dalam pengambilan keputusan.

INFJ, seperti tipe Intuitif (N) yang lain, mungkin bisa begitu tenggelam dalam "intuitive perceiving" sehingga mereka menjadi lupa pada realitas fisik atau badaniah. Saat terjadi looping Ni-Ti, mereka mungkin akan cenderung sulit membedakan realitas dan khayalan mereka.

INFJ dengan intuisi yang kuat (dan cukup sering merasa seperti terlepas dari realitas yang bersifat ragawi atau badaniah) menyatakan bahwa mereka merasa seperti alien di dunia ini. Beberapa INFJ mendeskripsikan pengalaman mereka seperti “sebuah perasaan deja vu yang terus terulang”. Bahkan beberapa INFJ mengabarkan bahwa mereka merasa seperti nyawa mereka telah terpisah dari tubuhnya. Banyak INFJ seperti mengalami dan merasakan bahwa dunia dan tubuh mereka cukup berbeda jika dibandingkan dengan yang dirasakan oleh tipe kepribadian lain. Beberapa INFJ ada yang cukup sering merasa "terlepas" secara fisik dari kenyataan di sekelilingnya sehingga tidak jarang mereka mempertanyakan tentang kewarasan mereka sendiri.

Ni-Se
INFJ yang sedang tertekan mungkin saja akan terjerumus ke dalam beragam bentuk kepuasan yang didapat dengan instan. Kewaspadaan dari Se mungkin adalah sumber dari sisi "rasa ingin menjadi *S*P" dari seorang INFJ karena banyak keinginan untuk hidup secara spontan dari INFJ. Tidak jarang ada INFJ yang ingin berperan seperti layaknya tipe *S*P. Hal ini bisa membuat mereka bisa menjadi tipe yang paling fleksibel dan spontan dibandingkan dengan tipe Judging (J) yang lain. Walaupun begitu, Se mereka umumnya tidak bisa bertahan lama dan cenderung tidak maksimal jika dipaksakan.

INFJ dianugerahi dengan penglihatan internal yang didapat dari Ni mereka maupun penglihatan eksternal yang didapat dari Se mereka. Ni cenderung berperan sebagai ketidaksadaran terhadap dunia eksternal karena proses dari Ni terfokus di dalam dunia internal mereka tanpa perlu lagi data eksternal, sedangkan Se memberikan mereka persepsi inderawi yang bersifat eksternal yang siap melihat dan mengamati objek duniawi yang ditangkap oleh panca indera mereka. Bagaimanapun, Se adalah fungsi terlemah dari INFJ tapi itu juga fungsi yang paling rentan dan tidak stabil keberadaannya karena sifatnya yang 180 derajat berlawanan dengan fungsi dominan.

Se di posisi inferior juga membuat mereka cenderung tidak terlalu banyak bergerak secara spontan karena pengaruh Ni dominan mereka. INFJ biasanya lebih senang menikmati waktu luang mereka dengan mendengar musik, melihat film, menonton televisi atau kegiatan yang tidak menuntut mereka untuk terlalu banyak bergerak secara spontan. Mereka mungkin saja senang berimajinasi atau merenungkan sesuatu yang menarik minat mereka saat menyendiri. Walaupun begitu, ada saatnya mereka akan bertindak lebih spontan dan mencari kesenangan tanpa mempertimbangkan resiko yang akan mereka hadapi di masa depan, terutama saat mereka sudah benar-benar tertekan.
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

2 comments

Klik di sini untuk berkomentar